Definisi Detail Affiliate Marketing

Diposting oleh Wisnu M | Jumat, April 30, 2010 | | 0 komentar »

Definisi Detail Affiliate Marketing
Berikut ini saya jelaskan lebih detail mengenai jenis-jenis program affiliasi yang bisa diikuti:
1. Reccuring Affiliate Program
Reccuring Affiliate Program ini memberikan komisi yang berulangkali. Produknya biasanya berupa keanggotaan berlangganan.
Persentase komisinya relatif tidak terlalu besar namun memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama. Contohnya Asian Brain, meskipun komisi yang diberikan hanya 25 % tapi kita diuntungkan karena kita hanya menjual keanggotaan satu kali, sedangkan komisi yang kita peroleh bisa SELAMANYA, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan keanggotaan mereka.
Program Reccuring Affiliate ini sangat bagus karena akan memberikan penghasilan TETAP bagi Affiliate Marketer.
2. Pay-Per-Sale Affiliate Program
Affiliate Marketers akan mendapatkan penghasilan apabila berhasil menjual sebuah produk. Dengan kata lain seseorang melakukan pembelian melalui Affiliate Link kita.
Besarnya komisi bervariasi, dari yang hanya beberapa persen sampai dengan 60% bahkan lebih.
Biasanya, produk e-book atau “produk informasi” memberikan komisi yang cukup besar untuk Affiliate Marketers karena Affiliate Merchant pembuat e-book tidak mengeluarkan ongkos produksi (biaya cetak, biaya kertas,dll).
Oleh sebab itu, Affiliate Marketers bisa mendapatkan komisi dari 40% sampai dengan 75% jika berhasil menjual sebuah produk e-book.
3. Pay-Per-Click Affiliate Program
Program Pay-Per-Click ini merupakan program dimana kita mendapatkan komisi jika ada orang yang mengklik affiliate link kita. Pada program pay-per-click, affiliate link kita dapat berupa deretan iklan. Jika ada orang yang mengklik iklan tersebut maka si affiliate marketer akan mendapatkan komisi.
Salah satu contohnya adalah program pay-per-click dari mbah Google yang dikenal dengan Google Adsense.
Caranya yaitu melalui menempatkan iklan dari Google Adsense di situs kita setelah mendaftar lebih dahulu.
4. Pay-Per-Search Affiliate Program
Pay-Per-Search affiliate program ini merupakan program yang menghasilkan komisi dari hasil pencarian data.
Cara kerjanya, setelah kita mendaftar maka kita akan mendapatkan affiliate link. Affiliate link ini biasanya berbentuk kotak pencarian. Kotak pencarian ini kita tempatkan di situs kita. Apabila ada pengunjung yang menggunakan kotak pencarian ini, maka merchant akan memberikan komisi kepada Affiliate Marketer.
Contohnya, juga pada Google Adsense. Jika menjadi Affiliate Google Adsense maka kita bisa menempatkan kotak pencarian Google di situs kita. Apabila ada pengunjung yang menggunakan kotak pencarian Google Adsense kita, maka kita akan mendapatkan komisi dari pencarian tersebut.
5. Pay-Per-Lead Affiliate Program
Program Pay-Per-Lead (prospek) ini akan membayar Affiliate Marketers apabila berhasil membawa pengunjung pada website Merchant melalui Affiliate Link kita. Affiliate marketer akan mendapatkan bayaran jika pengunjung memenuhi syarat dari Merchant.
Syarat dari merchant biasanya dilihat dari data yang prospek isikan pada form prospek di website merchant. Dari kelengkapan data prospek tersebut, merchant menentukan apakan Affiliate Marketers akan mendapat bayaran atau tidak.
Program Pay-Per-Lead terbaik biasanya datang dari asuransi, kredit rumah dan pinjaman (loan)
Biasanya besaran komisi pay-per-lead ini dari beberapa sen sampai dengan puluhan dolar.
6. Affiliate Program Gabungan
Program Affiliate Gabungan ini memberikan komisi lebih dari satu kali. Ada sebauh merchant yang memberikan komisi jika ada yang mengklik iklannya dan akan memberikan komisi lagi jika terjadi pembelian.
Di antara beberapa jenis affiliate marketing tersebut, pay per sale merupakan jenis yang paling sering digunakan dan paling menguntungkan.. baik bagi merchant ataupun bagi affiliate marketer.

0 komentar